Michael Porter
M. Porter Lahir tahun 1947, berkebangsaan Amerika.
Seorang tokoh bisnis terkemuka di
hardvard, dinilai sebagai tokoh yang lebih masuk akal karena cara
pandang Porter selalu beranjak dari titik pandang mikro (Kasali. R, 20..
: 52). Michael Porter umumnya diakui sebagai bapak bidang strategi
modern dan telah diidentifikasi dalam berbagai peringkat dan survei
sebagai pemikir yang paling berpengaruh di dunia manajemen dan daya
saing (kompetisi). Ia juga seorang otoritas terkemuka pada penerapan
prinsip-prinsip kompetitif untuk masalah sosial seperti kesehatan,
lingkungan, dan tanggung jawab perusahaan.
Porter adalah Profesor di Harvard
Business dan penulis 18 buku dan lebih dari 125 artikel. Dia menerima
B.S.E. di sekolah tinggi kedirgantaraan dan teknik mesin dari
Universitas Princeton pada tahun 1969, gelar MBA diperoleh pada tahun
1971 dari Harvard Business School, di mana dia siswa George F. Baker,
dan gelar Ph.D. di tempuh di Ekonomi Bisnis dari Universitas Harvard
pada tahun 1973.
Pada tahun 2001, Harvard Business School
dan Universitas Harvard bersama-sama mendirikan Institut Strategi dan
Daya Saing, yang didedikasikan untuk memajukan karya Porter.
Porter efektif mendefinisikan kembali
cara pengusaha berpikir tentang kompetisi (daya saing), terutama dengan
memperkenalkan gaya komunikasi ekonomi dan konsep ekonomi ke dalam
strategi perusahaan. Dia mulai dengan menyederhanakan gagasan keunggulan
kompetisi dan kemudian menciptakan sebuah kerangka kerja baru bagi
perusahaan untuk berpikir tentang bagaimana untuk mencapainya. (Tim
Handle, 2008: 296)
Ide Michael Porter bahwa perusahaan harus
memiliki sebuah sistem aktivitas (activity system) yang dapat menjadi
landasan bagi keunggulan kompetitif jangka panjang. Menurutnya excellent
value tercipta karena mekasnisme “fit” (Kertajaya. H., dkk, 2005 :46). Fit dalam artian strategic fit
yang mana pada strategi tersebut dinyatakan sebagai ekspresi kesesuaian
organisasi dengan berbagai sumberdayanya, kapabelitasnya, peluangnya di
ranah lingkungan luar.
Referensi
Renald Kasali, 20.., Change, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Tim Handle, 2008, Guide to Management Ideas and Gurus, London: Pine Street
H. Kertajaya, dkk, 2005, Positioning, Diferensiasi, dan Brand, Cet. III, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
0 komentar:
Posting Komentar