TOKOH

Michael Porter



M. Porter Lahir tahun 1947, berkebangsaan Amerika.

Seorang tokoh bisnis terkemuka di hardvard, dinilai sebagai tokoh yang lebih masuk akal karena cara pandang Porter selalu beranjak dari titik pandang mikro (Kasali. R, 20.. : 52). Michael Porter umumnya diakui sebagai bapak bidang strategi modern dan telah diidentifikasi dalam berbagai peringkat dan survei sebagai pemikir yang paling berpengaruh di dunia manajemen dan daya saing (kompetisi). Ia juga seorang otoritas terkemuka pada penerapan prinsip-prinsip kompetitif untuk masalah sosial seperti kesehatan, lingkungan, dan tanggung jawab perusahaan.

Porter adalah Profesor di Harvard Business dan penulis 18 buku dan lebih dari 125 artikel. Dia menerima B.S.E. di sekolah tinggi kedirgantaraan dan teknik mesin dari Universitas Princeton pada tahun 1969, gelar MBA diperoleh pada tahun 1971 dari Harvard Business School, di mana dia siswa George F. Baker, dan gelar Ph.D. di tempuh di Ekonomi Bisnis dari Universitas Harvard pada tahun 1973.


Pada tahun 2001, Harvard Business School dan Universitas Harvard bersama-sama mendirikan Institut Strategi dan Daya Saing, yang didedikasikan untuk memajukan karya Porter.

Porter efektif mendefinisikan kembali cara pengusaha berpikir tentang kompetisi (daya saing), terutama dengan memperkenalkan gaya komunikasi ekonomi dan konsep ekonomi ke dalam strategi perusahaan. Dia mulai dengan menyederhanakan gagasan keunggulan kompetisi dan kemudian menciptakan sebuah kerangka kerja baru bagi perusahaan untuk berpikir tentang bagaimana untuk mencapainya. (Tim Handle, 2008: 296)

Ide Michael Porter bahwa perusahaan harus memiliki sebuah sistem aktivitas (activity system) yang dapat menjadi landasan bagi keunggulan kompetitif jangka panjang. Menurutnya excellent value tercipta karena mekasnisme “fit” (Kertajaya. H., dkk, 2005 :46). Fit dalam artian strategic fit yang mana pada strategi tersebut dinyatakan sebagai ekspresi kesesuaian organisasi dengan berbagai sumberdayanya, kapabelitasnya, peluangnya di ranah lingkungan luar.



Referensi

Renald Kasali, 20.., Change, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Tim Handle, 2008, Guide to Management Ideas and Gurus, London: Pine Street

H. Kertajaya, dkk, 2005, Positioning, Diferensiasi, dan Brand, Cet. III, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

0 komentar:



Posting Komentar